​TASIKMALAYA, nujabar.or.id – Bertempat di lantai 3 Gedung Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, Majalah Sinthoris Pondok Pesantren Suryalaya menggelar kegiatan Workshop Jurnalistik bagi calon-calon wartawannya, Kamis, (3/8/17)

Workshop ini diikuti  45 orang wartawan dan kontributor majalah Sinthoris yang terdiri dari mahasiswa IAILM Pondok Pesantren Suryalaya, utusan-utusan dari Yayasan Serba Bakti perwakilan daerah dan juga instansi yang berada di lingkungan Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya.

Dalam laporannya, Nana Yusep selaku ketua panitia menyampaikan bahwa salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menambah keterampilan jurnalistik bagi para wartawan Sinthoris.


“Setelah keterampilan mereka bertambah, kami berharap pemberitaan-pemberitaan yang disajikan dalam majalah Sinthoris akan semakin berbobot dan mencerdaskan para pembaca” tegasnya.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pemaparan kebijakan dakwah TQN Pondok Pesantren Suryalaya oleh Sekretaris Umum Majalah Sinthoris, Muhamad Kodir. Selanjutnya dilanjutkan dengan Tekhnik Peliputan Berita oleh Asep Haerul Gani. Dalam sesi ini peserta diajak langsung untuk menulis berita dengan baik dan benar.

“inilah bedanya workshop Jurnalistik dengan workshop yang lain. Metode praktek sangat penting dilakukan, sebab agar peserta terbiasa dalam meliput dan menuliskannya menjadi sebuah berita” tutur Asep Gani.

Selain kedua pemateri tersebut, panitia juga menghadirkan praktisi jurnalis lainnya yang di antaranya Enton Supriyatna (Pemred HU. Galamedia), Duddy RS (Pemred Kabar Priangan Online), Asep Salahudin (Kolumnis), Taufan Hidayat (Dirut Nuansa Cendikia) dan Hermawan Aksan (Redaktur Harian Tribun Jabar).

Kegiatan ini berakhir pada hari Jum’at (4/8) pukul 15.00 yang ditutup oleh Ketua Panitia.

Dudin Samsudin

Komentari