Sumber gambar : https://cidefe.fr/wp-content/uploads/2019/04/energie.jpg

NU Jabar Onlline, Jakarta

Akibat wabah virus Corona, pemerintah memberikan pembebasan dan diskon tarif bagi pelanggan listrik beberapa kategori. Pembebasan biaya tarif listrik diberikan kepada konsumen rumah tangga dengan daya 450 volt ampere (VA) dan pemberian potongan 50 persen bagi konsumen rumah tangga bersubsidi 900 VA.

Beberapa cara dapat dilakukan konsumen untuk mendapatkan keringanan ini. Salah satu cara yang mudah untuk ditempuh adalah penggunaan aplikasi WhatsApp Konsumen sudah dapat mulai mengakses subsidi melalui aplikasi WhatsApp pada Senin (6/4).

“Nomor WhatsApp 08122-123-123. Insya Allahnanti akan bisa berjalan mulai hari Senin,” kata Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (3/4) terkait ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 ini.

Adapun cara mendapatkan token listrik prabayar bagi pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA dapat dilakukan dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke nomor WhatsApp tersebut. Setelah mengikuti petunjuk balasan, token gratis akan didapatkan. Pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Sementara pelanggan reguler 450 VA akan langsung dibebaskan tagihannya selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni. Pelanggan daya 900 VA juga akan mendapatkan diskon tarif pada tiap bulannya dengan dikurangi 50 persen selama tiga bulan ke depan. Sekitar 24 juta pengguna listrik 450 VA dan 7 juta pengguna listrik 900 VA akan mendapatkan keringanan ini.

Selain melalui WhatsApp, pelanggan listrik juga dapat mengakses layanan ini melalui website resmi PLN. Pelanggan dapat mengaksesnya dengan membuka website www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19. Setelah itu pelanggan memasukkan ID pelanggan atau nomor meter. Token gratis pun akan ditampilkan di layar.

Pewarta: Muhammad Faizin | Editor: Alhafiz Kurniawan

Sumber : https://www.nu.or.id/post/read/118694/ini-cara-dapatkan-keringanan-tarif-listrik-dampak-covid-19?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook

Komentari