Siswa-siswi SMP Assalaam Bandung dalam Pagelaran Islam Rahmatan lil 'Alamin, kerjasama ISBI dan PW PERGUNU di Gedung PWNU Jabar, Minggu, 27/10/'19.

Toleransi adalah jangan kita diskriminasi
menghargai pada sesama
Perbedaan ras suku serta agama.
Toleransi adalah sikap pengasih dan penyayang
Membangun sikap rukun damai
Dalam bingkai b
hinneka tunggal ika.”

(Lagu Toleransi karya Yus Wiradireja)

Minggu, 27/10/2019, siswa-siswa SMP Assalaam Bandung dengan riang membawakan lagu berjudul  Toleransi. Dalam balutan busana Nusantara, mereka menyampaikan pesan Islam Rahamatan lil ‘Alamin itu. Ada lima lagu yang mereka dendangkan siang itu, di antaranya Islam Rahmatan Lil ‘Alamin dan Jamaah. Lantai tiga Gedung Dakwah PWNU Jabar siang itu pun terasa meriah. Semua lagu dikarang dan diaransemen oleh musisi Yus Wiradiredja, dosen ISBI Bandung.

“Sebagai seniman, saya terpanggil untuk berkontribusi dalam program besar deradikalisasi,” ujar Yus mengenai latar belakang kegiatannya. “Saya melakukan penelitian partisipatif melibatkan guru dan siswa SMP,” lanjutnya.

Tidak hanya lirik lagu yang memperkenalkan para guru dan siswa kepada tema-tema toleransi dan Islam yang rahmah. Yus mendandani para siswa dengan busana berbagai daerah di Nusantara. Dengan mengenakan ragam busana ini, diharapkan menjadi pengenalan dini para siswa atas keberagaman budaya Indonesia.

“Harapan saya nantinya akan ada pementasan dengan peserta yang lebih beragam, mencakup etnik, agama, kepercayaan, dan negara.”

Dalam kegiatan ini Yus Wiradiredja bermitra dengan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Jawa Barat.

“Pendekatan agama dalam program deradikalisasi terbukti sulit sekali,” ujar Ketua PW PERGUNU Jabar H. Saepuloh. “Doktrin melawan doktrin itu sangat berat karena masing-masing sudah sampai pada keyakinan yang mutlak,” lanjutnya.

Oleh sebab itu PW PERGUNU menyambut baik inisiatif Yus Wiradiredja ini. Setelah Workshop untuk Guru SMP anggota PERGUNU, 20 Juli 2019, disambung dengan pementasan para siswa, 27 Oktober 2019 yang dilaksanakan dalam rangka hari Santri Nasional 2019.

“Program Pak Yus ini bisa menjadi alternatif dalam menangkal radikalisasi agama. PW PERGUNU Jabar menyambut baik dan akan mensosialisasikannya di kalangan anggota. Para guru nantinya akan menyampaikannya kepada siswa-siswi mereka.”

(Tim Media PWNU)

Komentari