Pergunu Kota Bekasi, PCNU Kota Bekasi, Seminar Karir, PWNU Jabar, Jawa Barat
Narasumber dan peserta seminar berfoto bersama seusai acara. (Pergunu Kota Bekasi)

Strategi Cerdas Mahasiswa Mempersiapkan Karir Sejak Dini

Melihat betapa pentingnya generasi muda mempersiapkan karirnya sejak dini,  PERGUNU Kota Bekasi mengadakan seminar bertema “Strategi Cerdas Mempersiapkan Karir Sejak Dini’,  Rabu, 28 Februari 2018 di Aula Gedung NU Center Elsaid Kota Bekasi. Acara  ini juga disiarkan langsung oleh Radio Bintang Empat Lima (RBAMA) 104,8 FM Bekasi. Hadir sebanyak 70 peserta dari berbagai perguruan tinggi  di Kota Bekasi. Narasumber yang tampil adalah Heri Kuswara akademisi, praktisi, dan motivator karir.

Dimoderatori oleh penyiar senior RBAMA, Bunda Yuli, Heri menyampaikan mulai dari tahapan perencanaan karir, yaitu  karir fantasi (usia 12 tahun), karir tentatif (17 tahun), dan karir realistis (17-21 tahun).

“Mahasiswa sejak dini harus memahami potensi dirinya untuk menentukan kompetensi apa yang dimiliki dan karir apa yang sesuai dengan potensi dan kompetensi tersebut,”tegas Heri.

Pada sesi kedua penulis lima buku motivasi karir dan wirausaha itu memaparkan pilihan karir yang sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa  pada bidang formal, semi formal, informal, dan nonformal. Selanjutnya ia menjelaskan tentang pentingnya mahasiswa membuat perencanaan karir (career planning), untuk jangka pendek (1 tahun), jangka menengah (2-5 tahun) dan jangka panjang (di atas 5 tahun). Perencanaan karir tersebut harus dibuat dan disesuaikan dengan skala prioritas atau target yang ingin dicapai.

Ayi Nurdin, selaku Sekretaris PCNU Kota Bekasi menyambut baik kegiatan PERGUNU ini,

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian yang tinggi dari PERGUNU Kota Bekasi terutama kepada mahasiswa dikota bekasi, agar mereka mampu mempersiapkan karirnya sejak dini sehingga mampu bersaing diera global,” paparnya. “Insya Allah, karena besar manfaatnya, kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin,” sambung Ayi.

Sementara Ketua Bidang Kejasama PERGUNU Kota Bekasi Waryo mengatakan bahwa meskipun acara ini dadakan, hanya dipersiapkan dalam waktu satu minggu, tapi pesertanya membludak, menandakan animonya luar biasa bagus.

(Pergunu Kota Bekasi)

 

Komentari