Dari kiri ke kanan: H. Saepuloh Wkl Ketua PP PERGUNU, Ramlan Sekretaris PC PERGUNU Kab. Manokwari, M. Sahir Ketua PC PERGUNU Kab. Manokwari dan Pak Buhasanah Staff Dirjen GTK Kemendikbud RI

MANOKWARI, (nujabar). – Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) yang diwakili oleh Wakil Ketua H Saepuloh melakukan kunjungan ke PW PERGUNU Papua Barat dan PC PERGUNU Kab. Manokwari bersamaan dengan kegiatan Monitoring Seleksi Pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Papua Barat jenjang Pendidikan Menengah tahun 2017 di Rama Hotel (12/07/2017).

Kabupaten Manokwari merupakan ibu kota Provinsi Papua Barat, yang dikenal dengan Kota Injil. Sebutan ini didasarkan dari sejarah, bahwa inilah pertama kali masuk ke pulau Papua pada tanggal 5 Februari 1855 di Pulau Mansinam Kab. Manokwari yang dibawa oleh seorang misionaris Jerman.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua PP PERGUNU, H Saepuloh menyampaikan berapa program PP PERGUNU, di antaranya program beasiswa penuh pendidikan S1 di Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Pacet Mojokerto yang diperuntukkan bagi kader-kader NU di daerah.

Selain itu, H Saepuloh berharap PW PERGUNU Papua Barat dan PC PERGUNU Kab. Manokwari membuat program kerja yang menyentuh kebutuhan-kebutuhan real guru-guru NU di daerah, baik terkait dengan pengembangan kompetensi dan advokasi kenaikan pangkat bagi guru PNS yang tergabung dalam PERGUNU.

“Sekarang ini guru-guru itu, dituntut untuk melakukan pengembangan diri dan karya tulis ilmiah yang menjadi syarat pokok untuk kenaikan pangkat bagi guru PNS. Oleh karena itu, PERGUNU harus membuat program yang menjawab kebutuhan tersebut” tutur Saepuloh

“Terkait dengan Full Day School, PP PERGUNU jelas-jelas menolak kebijakan tersebut, karena kebijakan tersebut tidak rasional dan akan menambah beban bagi orang tua/wali murid. Selain itu, Pemerintah juga harus memperhatikan kondisi geografis,” tutur Saepuloh

Sementara itu, ketua PC PERGUNU Kab. Manokwari, M Sahir, S.Pd, menyampaikan beberapa program yang telah dilaksanakan oleh PC PERGUNU Kab.  Manokwari,  di antaranya alhamdulillah pada tahun ini, PC PERGUNU Kab. Manokwari dapat kuota TPHD (Tem Pembimbing Ibadah Haji Daerah).

“Pada tahun ini,  sekretaris PC PERGUNU Kab. Manokwari, M. Ramli Cabe berangkat haji sebagai TPHD Kabupaten, ini merupakan hadiah yang luar biasa dari pak bupati bagi kami” tutur M. Sahir

Lebih lanjut, M. Sahir mengatakan bahwa TPHD tersebut bukan hadiah cuma-cuma dari Bupati Manokwari, ini merupakan reward dari Bupati atas keberhasilan PERGUNU Kab. Manokwari dalam menjaga Kerukunan antar umat beragama.

Selain itu, M. Sahir menyampaikan kendala-kendala kegiatan PERGUNU dilarang,  terkait dengan letak geografis yang sangat sulit dan membutuhkan const yang sangat besar.

Pada kesempatan itu juga, Sekretaris PC PERGUNU Kab. Manokwari, M. Ramli berharap agar PP PERGUNU bisa membantu anak-anak lulusan SD di Kab Manokwari untuk bisa menimba ilmu di Pondok Pesantren NU.

(PP PERGUNU)

Komentari