RMI NU Kabupaten Cirebon luncurkan Program Akademi Santri Nusantara (AKSARA).
RMI NU Kabupaten Cirebon luncurkan Program Akademi Santri Nusantara (AKSARA).

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan Kompetensi Santri di Kabupaten Cirebon Pengurus Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PC RMNU) Kabupaten Cirebon meluncurkan program Akademi Santri Nusantara yang disingkat Aksara. Program itu digulirkan sebagai ajang pematangan dan penguatan kapasitas santri yang bersifat wajib bagi pesantren NU di Kabupaten Cirebon yang tergabung RMI NU.

“Kompetensi dan kapasitas santri harus dikuatkan untuk menyiapkan sistem kaderisasi di level pesantren, AKSARA inilah realisasinya,” kata Direktur Program Aksara, Syaikhu Azmy di NU Center Cirebon.

Syaikhu Azmy yang juga Sekretaris PC RMINU Kabupaten Cirebon menjelaskan, ke depan, Aksara akan diadakan secara reguler di setiap pesantren NU juga menjadi ajang komunikasi dan konsolidasi antara RMINU dan Pesantren NU di Kabupaten Cirebon.

Kegiatan Aksara ditargetkan dapat dilaksanakan setiap hari Minggu yang ditempatkan di setiap pesantren yang bersedia dengan fasilitasi dari Tim Fasilitator PC RMINU Kabupaten Cirebon. Dengan demikian, sebagian besar santri diharapkan bisa mengikuti kegiatan Aksara ini.

Ada beberapa target capaian Akasara, antara lain terkait upaya menyelaraskan pemahaman Aswaja dan amaliah Annahdliyyah, dan upaya peningkatan kapasitas santri dari berbagai disiplin keilmuan.

“RMINU sudah menyiapkan Tim Fasilitator. Kegiatan perdana insyaallah akan kami laksanakan pada 15 September di Pesantren Al-Jauhariyah Balerante, Palimanan, Cirebon,” urai Gus Azmy. (Media AHIS )

Komentari