Ketua PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas saat meresmikan Ansor Fair 2018.
Ketua PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas saat meresmikan Ansor Fair 2018. Foto: okezone.

Gerakan Pemuda (GP) Ansor memperingati hari lahirnya ke-84 dengan mengadakan pameran produk Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Green Pramuka Square, Jakarta. tanggal 22-24 April 2018.

Acara yang bertajuk Ansor Fair 2018 ini ditujukan untuk memamerkan produk para pemuda Indonesia.

Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, mengungkapkan bahwa 30 UMKM dari GP Ansor hadir dari seluruh Indonesia, dengan memamerkan 83 jenis produk.

“Acara ini memamerkan 83 produk dari berbagai jenis, seperti kerajinan tangan, makanan dan minuman olahan, fashion, obat-obatan herbal dan onderdil,” ujar Yaqut dalam sambutannya di Green Pramuka, Jakarta, Ahad (22/4).

Yaqut menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong anggota GP Ansor semakin meningkatkan jiwa kewirausahaan.

“GP Ansor melihat potensi besar tumbuhnya wirausahawan di lingkungan internal organisasi, dan oleh karenanya GP Ansor berkomitmen untuk menciptakan ribuan bahkan jutaan wirausahawan muda di berbagai sektor, makanan atau kuliner, fashion, kerajinan, digital, industri kreatif dan lain-lain,” jelas Yaqut.

Dia menjelaskan, pemuda merupakan tenaga kerja produktif yang menjadi sumber daya penopang utama pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Namun, hal itu harus didukung oleh kualitas sumber daya manusia yang baik, khususnya tingkat pendidikan dan kesehatan.

Oleh karena itu, untuk mendorong potensi itu, GP Ansor mengembangkan program-program potensi kewirausahaan anggota.

“Program peningkatan kapasitas dan ketrampilan, serta pengembangan jejaring bisnis, permodalan dan pasar menjadi prioritas program organisasi,” lanjutnya.

Untuk diketahui, acara yang dilaksanakan selama tiga hari ini  juga turut dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) Agus Muharram.

(Muiz/NU Online)

Komentari