Peserta Pelatihan Jurnalistik, Doc : Panitia (PMII Kota Bandung)

Bandung, NU Jabar Online

PK PMII Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung mengadakan kegiatan Sekolah Jurnalistik dengan tema “Satu Gagasan Berjuta Perubahan”. Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung PWNU Jawa barat selama dua hari ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus di lingkungan Kota Bandung. Seperti UPI, UNINUS, UNISBA, Univ. Al-Ghifari, dan STIMIK AMIK. (12/10)

Tepat pada hari ini (13/10) kegiatan Sekolah Jurnalistik di tutup oleh Pengurus Cabang PMII Kota Bandung Cabang  yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Sahabat Wafaul Ngahdi. Pada kegiatan ini pihak panitia mendatangkan tokoh-tokoh yang mumpuni dalam bidang kejurnalistikan. Salah satunya Nazmi Abdurrahman seorang jurnalis senior media Tribun Jabar. Ia memaparkan “Teknik dasar wawancara, yang mudah dikuasai oleh jurnalis tingkat pemula”. Begitu paparnya.

Panitia juga turut mengundang Iip Dzulkipli Yahya dari NU Jabar Online . Ia mentransformasikan nila-nilai intelektual yang dimilikinya dengan cara santai namun tetap terarah. Peserta kegiatan diberi waktu yang cukup panjang untuk sharing-sharing dengannya. “Saya mengapresiasi sekali dengan adanya kegiatan ini ternyata anggota PMII sampai saat ini tidak hanya fasih dalam aksi turun kejalan, namun masih ada pula kesadaran dalam ruang literasi.” Ungkap Iip ketika ditemui di lokasi kegiatan tersebut. Materi lainnya seperti kode etik jurnalistik yang dipaparkan oleh Sahabat Rizqy selaku penggiat di bidang pers Bincang Hukum, Ada pula Dindin Nugraha dari LTN NU Jawa Barat yang menyampaikan materi mengenai Jurnalistik Online dan kiat-kiat bagaimana bisa show up ditengah-tengah masa kejayaan media online lainnya saat ini.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini selain diberi teori-teori kejurnalistikan, namun peserta juga diberikan praktek wawancara langsung, serta berkesempatan merasakan menjadi bagian dari jurnalistik dan pers. “Semoga dengan terlaksananya Sekolah Jurnalistik ini dapat memberikan semangat kepada anggota PMII khususnya dan anak muda lainnya dalam kegiatan literasi atau hematnya kejurnalistikan. Membacalah karna kita bukan lagi purba dan menulislah karna kita hidup bukan di zaman praaksara”. Papar Haris selaku Ketua PK PMII Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung.

(Elsa PMII Kota Bandung/Adhia Turmudzi)

Komentari