Ketua PWNU Jabar KH Hasan Nuri Hidayatullah.
Ketua PWNU Jabar KH Hasan Nuri Hidayatullah.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah menyambut gembira ikhbar PBNU dan Keputusan Sidang Itsbat Kemenag RI yang menetapkan 1 Ramadan 1439 H pada hari Kamis, 17 Mei 2018. Dengan keputusan ini, kaum muslimin Indonesia akan memulai puasa pada hari yang sama.

Menurut Pengasuh Pesantren Ash-Shiddiqiyah Karawang itu, para ulama menjelaskan bahwa ramadhan berasal dari kara romadlo-yarmadlu yang artinya membakar.

“Dinamakan demikian karena bulan Ramadan ini akan membakar dosa-dosa hamba Allah yang beriman. Sepanjang bulan Ramadan rahmat Allah SWT akan diturunkan untuk membakar dosa-dosa tersebut,” papar Gus Hasan.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan.

Gus Hasan berharap, dengan datangnya Ramadan, suhu sosial-politik Indonesia yang memanas akibat tindakan para teroris, dapat segera diredam sehingga tidak terjadi lagi pemboman atau tindak anarkis lainnya.

“Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang siap menerima rahmat Allah dan pengampunan-Nya,” pungkasnya.

(PWNU Jabar)

Komentari