LPNU Jabar, Pacakaging & Branding, UMKM, PWNU Jabar, Jawa barat
Pelatihan Packaging & Branding LPNU Jabar.

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Jawa Barat antusias mengikuti “Pelatihan Branding & Packaging Untuk UMKM”, yang digelar Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jawa Barat dan bekerja sama dengan Telkom University, tanggal 24 Februari 2018 di kantor PWNU Jabar Jalan Galunggung No. 9 Bandung.

Ketua LPNU Jawa Barat Achmad Mansyur mengajak kepada seluruh peserta untuk concern terhadap pengembangan UMKM yang dimulai dengan meningkatkan melalui coaching yang berkesinambungan.

“Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia pun memandang penting keberadaan para pelaku UMKM, sehingga terjadi pemerataan ekonomi ditingkat lokal, nasional dan internasional,” katanya dihadapan ratusan peserta UMKM.

Hal sedana disampaikan Ketua Panitia Pelatihan, Roni Ilham Subagja, perkembangan zaman semakin pesat, untuk itu pelaku usaha lebih mengedepankan branding sebagai upaya memperkuat nilai pada suatu merek. “Jika dikaitkan dengan produk tertentu, maka branding dapat diterapkan pada kemasan atau packaging untuk menambah nilai suatu produk sehingga dapat menarik minat konsumen,” jelas Roni dalam sambutannya.

Menurut lelaki yang akrab dipanggil om Roni ini, UMKM mungkin beberapa masih banyak yang belum yakin dan bertanya-tanya apakah branding yang telah mereka lakukan sudah maksimal dan desain packaging produk mereka sudah menarik?

“Kebanyakan beberapa pelaku bisnis di luar sana berpikir bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran jauh lebih diutamakan untuk meningkatkan penjualan, dibandingkan fokus pada branding dan packaging,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya sangat konsen terhadap pengembangan perekonomian melalui pemberdayaan UMKM. UMKM juga memiliki peran yang sangat penting dalam pemerataan ekonomi masyarakat. Berbeda dengan perusahaan besar, UMKM memiliki lokasi di berbagai tempat. Termasuk di daerah yang terpencil sekalipun. “Insyallah, kami akan terus dengan optimal melakukan berbagai kegiatan yang bisa mendongrak UMKM ke depan di Jawa Barat pada umumnya,” imbuhnya.

Sementara itu, hadir dalam acara pelatihan tersebut, yakni dua pembicara handal dan mumpuni di bidangnya Dr. Santi Salayanti. Ia menjelaskan, bahwa kegiatan yang digelar LPNU Jawa Barat sangat membantu bagi para pelaku UMKM di Jabar, khususnya materi desain Baranding & Packaging. “Secara pribadi saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan LPNU dalam peningkatan kualitas UMKM di Jabar, dan pesertanya sangat antusias sekali, dahsyat, khususnya pada saat tanya jawab,” paparnya.

Dr. Eka Yuliana, sebagai pembiacara kedua menyatakan, bahwa para peserta merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini. “Membangun Brand adalah hal yg harus diperhatikan bagi para pengusaha, termasuk pengusaha menengah. Pelatihan ini sungguh sangat bermanfaat bagi pengusaha dan juga saya sebagai pembicara bisa sharing pengalaman,” pungkasnya.

(Attan-LPNU Jabar)

Komentari