Cirebon, NU Jabar Online

Berangkat dari rasa tanggung jawab organisasi untuk menciptakan kader yang memiliki kapasitas intelektualitas serta menjadi kader yang dekat dengan masyarakat, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdaltul Ulama (IPNU) dan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) Kota Cirebon melaksanakan Pendidikan Pengkaderan tingkat II Latihan Kader Muda (Lakmud). Kegiatan berlangsung di Gedung SMK Presiden Kota Cirebon 01-03 November 2019.

Ketua Pimpinan Cabang IPNU Kota Cirebon Muhammad Iqna Syam mengatakan kegiatan diikuti 40 peserta dari beberapa delegasi kepengurusan di IPNU IPPNU Kota Cirebon yang telah lulus dengan melalui proses seleksi/screening.

“Dalam agenda Lakmud ini peserta yang sudah mengikuti kaderisasi makesta dan dilanjut mengikuti lakmud dengan harapan kader Pelajar NU ini mampu lebih matang dalam memahami ruang gerak organisasi sehingga mampu dalam menghadapi tantangan zaman saat ini, dan kedepan para kader ini diharapkan bisa berperan di masyarakat,” ujar Iqna Jumat (01/19).

Ia mengatakan banyak pembahasan yang menarik untuk merumuskan strategi gerakan ke depan. “Adanya tugas dan tantangan, IPNU IPPNU dituntut mampu beradaptasi dengan perubahan dan tren tanpa kehilangan jati diri sebagai IPNU dan IPPNU,” lanjut Iqna.

Ketua PBNU yang juga sebagai Tokoh NU di Kota Cirebon H. Eman Suryaman, MM mengatakan IPNU IPPNU ini perlu diperkuat diberbagai sektor pendidikan dengan mengedepankan aqidah dan akhlak yang diajarkan dalam paham Ahlu Sunnah Wal-Jama’ah An-Nahdliyah.

“Kegiatan ini perlu di dukung penuh karena regenerasi NU kedepan akan ditempati oleh kader kader IPNU IPPNU yang sudah matang berproses secara organisasi,” kata H. Eman.

Menurut Salman Mubarok selaku Ketua Pelaksana Lakmud PC IPNU IPPNU Kota Cirebon, pada Lakmud kali ini peserta diberikan sesi analisis sosial masyarakat dalam menanggapi peran generasi muda/pelajar saat ini. “Peserta di terjunkan ke lingkungan masyarakat dengan observasi kepada pedagang, orang tua, remaja dan tokoh masyarakat sekitar,” ujar Salman selaku ketua pelaksana.


(Adrian Fauzi Rahman)

Komentari