PCNU Kota Bandung, DAQU, Taraweh Keliling, PWNU Jabar
Ketua PCNU Kota Bandung KH. Maftuh Kholil (berdiri & berbatik), bersama Pengasuh dan Pengurus Pesantren Darul Qur'an Ujungberung, Bandung.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung, pada setiap bulan Ramadan selalu mengadakan kegiatan solat teraweh keliling (Tarling). Pada kesempatan Ramadan 1438 H ini, Tarling pertama dilaksanakan di masjid At Taqwa, Pondok Pesantren Darul Qur’an (DAQU), Ujungberung, Bandung.

Rombongan PCNU Kota Bandung yang dipimpin langsung oleh Ketua Tanfidziyah KH Maftuh Kholil, setibanya di masjid disambut dengan pembacaan solawat oleh para santri dan Asatid DAQU. Sebuah tradisi yang melekat dipesantren NU. Sekalipun konsep Pesantren DAQU itu modern, tetapi masih menjunjung tradisi pesantren NU.

Setelah penyambutan dilanjutkan dengan solat isya berjamaah yang diimami oleh salah seorang ustad DAQU. Solat taraweh kemudian dilaksanaan dengan imam para santri secara bergiliran yang membaca Al-Qur’an secara bersambung mulai dari Al-Baqoroh, dan setiap rakaatnya membaca satu halaman. Salat taraweh yang dikerjakan yaitu 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir.

Seuai salat, dilanjutkan dengan sambutan dari pengasuh pesantren Ustad. Khoiru Rozhi Al Hafizh). Ia merasa bersyukur bisa dikunjungi oleh Ketua NU kota Bandung dan berharap tidak hanya saat tarling saja berkunjung ke DAQU, tetapi juga dalam kegiatan lainya.
Dalam ceramahnya, KH. Maftuh Kholil menyampaikan tentang NU dan bagaiamana pentingnya pesantren harus ber-NU, selain itu beliau juga menjelaskan tentang Islam Nusantara.

Pemberian cideramata dari PCNU kota Bandung berupa silsilah ke ilmuan NU diberikan oleh ketua PCNU kota Bandung kepada ketua Pesantren DAQU Bandung, dan sebaliknya ketua pesantren DAQU Bandung juga memberikan cideramata berupa plakat DAQU Bandung.

(Suyanto, PCNU Kota Bandung)

Komentari