PCNU Kabupaten Sukabumi, Dirasah Falakiyah, PWNU Jabar, Jawa Barat
PCNU Kabupaten Sukabumi, tutup Ramadan dengan Dirasah Falakiyah.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sukabumi mengadakan “Dirasah Falakiyah dan Pelatihan Hisab Rukyat” di aula PCNU Jl. Kadupugur Kp. Cijalingan RT. 03/03 Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan.

Kegiatan itu diikuti 24 peserta yang mewakili MWC dan Pondok Pesantren di antaranya adalah MWC Kadudampit, Cisaat, Nagrak, Sukaraja, Cicantayan, Caringin, Ciambar, Cibadak, Gunung Guruh, Sukalarang, dan Warungkiara.

Pemateri kegiatan tersebut adalah salah pengurus PCNU, KH Muhammad Ansori Fudholi, salah seorang ahli falakiyah Sukabum. Selepas penyampaian materi, para peserta melakukan praktik di Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas, Desa Sangrawayang Kecamatan Simpenan, Palabuhan Ratu, Sabtu, (24/6).

Praktik para peserta dibimbing para ahli falakiyah dari berbagai daerah sebelum sidang isbat yang langsung dipimpin oleh Pengadilan Agama Cibadak.

Ketua Pelaksana kegiatan tersebut, KH Ridwan Subagya mengatakan, “Dirasah Falakiyah dan Pelatihan Hisab Rukyat” merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Gema Syi’ar Ramadhan PCNU Sukabumi.

Menurut dia, kegiatan itu bertujuan untuk menghidupkan kembali khazanah keilmuan hisab dan rukyat di kalangan Nahdliyin, serta mengawal tradisi penetapan 1 Ramadhan dan 1 Syawal berdasarkan analisa hisab yang akurat serta validitas rukyatul hilal.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Plt. PCNU KH Tatang Rosyidi dan para pengurus PCNU lainnya sampai kegiatan tuntas.

Hadir pula pada awal kegiatan itu Ketua Badan Hisab rukyat hilal (BHR) KH Emboh Misbah, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Kapolres Sukabumi Muhammad Syahdudi juga dari kementerian Agama, dan hakim dari pengadilan.

(Sofyan Syarif/Abdullah Alawi/NU Online)

Komentari