PAUD, Ella Yulaelawati, PP MUslimat NU, PWNU Jabar, Jawa Barat
Direktur PP PAUD Kemendikbud RI Ella Yulaelawati, Ph.D., saat memberikan sambutan.

Muslimat NU bergerak cepat dan cermat menyongsong Seabad Republik Indonesia. Saat sosialiasi Perpres No. 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter baru dilangsungkan, PP Muslimat NU sudah menjalin MoU bersama Direktorat Pembinaan PAUD Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk meningkatkan kualitas PAUD. Pada tahun 2045, saat Republik Indonesia berusia 100 tahun, anak-anak yang saat ini belajar di PAUD akan menjadi penentu bangsa dan negara ini. Maka kualitas pendidikan PAUD pada hari ini sangat menentukan masa depan Indonesia.

Demikian poin-poin penting dari Workshop Peningkatan Mutu Kelembagaan dan Pengelolaan PAUD Berkualitas yang dilaksanakan oleh PP Muslimat NU bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud RI. Workshop diikuti oleh 106 peserta dari 14 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Peserta berasal dari pengurus PC Muslimat dan para pengelola PAUD di lingkungan Muslimat.

PAUD, Muslimat NU, PWNU Jabar, Jawa Barat
Peserta Workshop Peningkatan Mutu Kelembagaan dan Pengelolaan PAUD Berkualitas Muslimat NU.

“PAUD adalah investasi penting untuk meyongsong generasi emas Indonesia. Anak-anak yang belajar di PAUD sekarang, pada saat HUT RI ke-100 akan berperan penting,” ujar Ella Yulaelawati, Ph.D., Direktur PP PAUD Kemendikbud. “Diharapkan mereka akan menjadi kado terbaik saat kita bangsa Indonesia memperingati Seabad Kemerdekaan RI,” tambah Ella.
Pada bagian lain Ella mengingatkan agar para pengelola PAUD di lingkungan Muslimat NU benar-benar memahami materi kurikulum, metode, dan manajemen pengelolaan PUAD berkualitas, agar target generasi emas Indonesia dapat tercapai.

Sekretaris Koordinator Bidang Pendidikan PP Muslimat NU Hj Dr Zahrotun Nihayah menambahkan bahwa Muslimat NU menaruh perhatian penuh pada pendidikan usia dini ini. Dengan jumlah yang besar, Muslimat NU dapat memberikan kontribusi nyata dalam penguatan pendidikan karakter. Untuk Jawa Barat saja, terdapat 1420 TK/RA/PAUD.
“PP Muslimat akan terus menyempurnakan kurikulum PAUD, termasuk materi ASWAJA yang harus masuk di dalamnya,” ujar Zahrotun. “Begitu pula standar manajeman pengelolaan PAUD akan terus ditingkatkan,” sambungnya.

(Iip Yahya)

Komentari