Lomba MQK PCNU Cirebon, Foto : Panitia Pelaksana

Cirebon, NU Jabar Online

Dalam Menyemarakkan Hari Santri Nasional 2019, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Cirebon menggelar rangkaian kegiatan dengan mengadakan beberapa lomba, salah satunya adalah Musabaqoh Qiro’atul Kutub yang dilaksanakan di kampus Universitas Nahdlatul Ulama Kota Cirebon, Minggu (20/10).

“Lomba ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan oleh PCNU Kota Cirebon yang sebelumnya sudah dimulai dengan lomba hadroh dan futsal pada hari Sabtu (19/10) kemarin”, ujar Kang Ahmad Banna selaku ketua pelaksana HSN 2019 PCNU Kota Cirebon.

Jumlah peserta yang mengikuti lomba MQK (Musabaqoh Qiro’atul Kutub) ini sebanyak 30 orang dari berbagai Pondok Pesantren di Kota Cirebon, dengan dibagi menjadi tiga marhalah, ialah marhalah ula dengan kitab Safinatun najah, marhalah Wustho dengan kitab Fathul Qorib, marhalah Ulya dengan kitab Sulamut Taufiq. Adapun kriteria yang menjadi penilaian dewan juri pada lomba ini yaitu ketepatan membaca, penjelasan kitab yang dibaca, dan hukum i’rob dalam ilmu nahwu/shorof.

“Dalam lomba MQK yang digelar oleh PCNU Kota Cirebon ini, selain dari memberikan wadah bagi santri dalam menyalurkan potensi nya melalui lomba, Kordinator kegiatan muhammad Iqna Syam berharap dari lomba ini, mampu memunculkan bakat-bakat terbaik dalam membaca kitab kuning di kalangan pondok pesantren, khususnya bagi santri di Kota Cirebon.
Pemenang lomba MQK HSN 2019 yang digelar oleh PCNU Kota Cirebon tersebut akan diberikan penghargaan oleh panitia pada tanggal 26 Oktober 2019 dalam acara puncak peringatan HSN 2019 di depan Gedung BAT Kota Cirebon.

(Adrian FR Cirebon/Adhia AT)

Komentari