Pelatihan kader penanggulangan TBC Lembaga Kesehatan NU Kota Banjar.
Pelatihan kader penanggulangan TBC Lembaga Kesehatan NU Kota Banjar.

Membantu orang lain merupakan bentuk kemanusiaan yang harus dipahami oleh setiap orang. Namun, tanpa berharap suatu imbalan yang harus ditekankan.

Bentuk bantuan yang dilakukan pun beragam, salah satunya dalam pendampingan bagi pengidap Tuberculosis (TBC), karena penyakit tersebut kerap ditemukan namun dianggap sepele.

Untuk itu, Pengurus Cabang Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (PC LKNU)  Kota Banjar Jawa Barat mengadakan Pelatihan Kader (PK) Angkatan 1 yang berlangsung di Kantor PCNU Kota Banjar tanggal 27-29 Agustus 2018.

Kegiatan tersebut salah satu upaya memberikan pemahaman kepada kader yang akan bekerja supaya mengetahui apa yang harus dilakukan. “PK adalah langkah awal untuk memberantas TBC,” kata Ketua LKNU Kota Banjar Wahidan kepada¬†NU Online, Rabu (29/8) siang.

Koordinator LKNU Region Jawa Barat Ajat Sudrajat menjelaskan bahwa penanganan TBC harus segera dilaksanakan. Melihat penyakit tersebut mematikan, karena sering dianggap sepele. Padahal ketika mengetahui terjangkit lalu melakukan pengobatan secara rutin dapat disembuhkan.

“Menyadarkan masyarakat untuk peduli terhadap TBC,” jelasnya.

Ajat berharap Kader yang telah mengikuti PK dapat mengajak kepada masyarakat untuk memperdulikan TBC, karena tanpa adanya kepedulian, pengidap tersebut akan semakin banyak.

Untuk itu, dirinya menegaskan kepada seluruh kader untuk selalu melakukan tugas mulianya dalam melenyapkan TBC di Indonesia. Sesuai dengan tujuan dari PBNU membebaskan Tanah Air dari TBC pada tahun 2035. “Kader bisa mendorong masyarakat lain untuk menanggulangi TBC,” tegasnya.

Kegiatan pelatihan mengusung tema upaya menuju eliminasi tuberculosis berbasis masyarakat berjalan dengan lancar dan diikuti oleh puluhan peserta.

(Wahyu Akanam/Muiz/NU Online)

Komentari