Jatman Sumedang, Maulid Nabi SAW, Manakib Syaikh Abdul Qodir Al-Jilany, PCNU Sumedang, PWNU Jabar, Jawa Barat
Maulid nabi SAW dan Manaqib Kubro Jatman Sumedang.

Dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, pengurus Jam’iyyah Ahlit Thoriqoh Al-Mu’tabaroh an Nahdliyyah (Jatman) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan Manaqib Kubro dan Khataman Ijazah Manaqib. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat, Rabu (29/11/2017).

Ketua Jatman Kabupaten Sumedang, Asep Munawar mengatakan bahwa setiap tanggal sebelah bulan hijriyah, Jatman Sumedang melalui organisasi sayapnya Majelis Nurul Burhan, selalu istikomah melaksanakan pengajian Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jilani RA. “Berhubungan bulan ini bertepatan dengan bulan Robiul Awal (Mulud), dimana di bulan ini Rosulullah SAW dilahirkan, maka manaqibnya dinamakan manaqib kubro,” ujar Asep.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan khataman ijazah manaqib untuk para jama’ah Majelis Nurul Burhan yang sudah lulus mengamalkan ijazah manaqib. Tiga bulan yang lalu, Majelis Nurul Burhan melaksanakan ijazah manaqib kepada beberapa jama’ah. Kitab manaqib yang diijazahkan yaitu Kitab Manaqib An Nurul Burhani, sebuah kitab yang disusun oleh Syeikh Muslih Abdurrahman Al Maraqy.

“Selama tiga bulan mereka yang diijazah harus mengamalkan ketentuan dan syarat ijazah manaqib. Alhamdulillah yang khatam mengamalkan ijazah manaqibnya malam ini di wisuda,” lanjut Asep.

Asep juga menambahkan bahwa kegiatan maulid nabi ini merupakan bukti bahwa kami pengurus Jatman Sumedang dan Jama’ah Majelis Nurul Burhan sangat mencintai Rasulullah SAW.

Sebuah hadits mengatakan, Rosululloh SAW bersabda bahwa siapa orang yang mencintaiku, maka akan bersamaku nanti di Surga.

“Semoga dengan memperingati maulid Nabi dan kegiatan manaqib ini, kami semua bisa masuk surga dan bisa bertemu dengan Rasulullah SAW,” pungkas Asep.

(Ayi Abdul Kohar).

Komentari