Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, dan Pangdam III/Siliwangi ikuti Halal bi Halal dan Istighotsah Kubro PWNU Jabar.
Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, dan Pangdam III/Siliwangi ikuti Halal bi Halal dan Istighotsah Kubro PWNU Jabar.

Halal bi Halal dan Istighotsah Kubro PWNU Jabar, Kamis, 4 Juni 2020 terasa istimewa dengan kehadiran Forkopimda Jabar. Gubernur Jabar, Pangdam III/Siliwangi, dan Kapolda Jabar mengikuti kegiata tersebut dan memberikan sambutan. Gubernur menyampaikan update penanganan covid-19 langsung melalui video conference, sementara Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi melalui rekaman video. Ketiganya mengapresiasi kegiatan ini, yang dinilai sebagai bagian dari kepedulian para ulama atas kondisi bangsa dan negara. Doa merupakan ibadah untuk meningkatkan keimanan. Keimanan itu akan meningkatkan kebahagiaan, ketenangan, dan daya imun. Daya imun yang kuat, sangat membantu dalam menghadapi covid-19.

Gubernur Jawa Barat Dr (Hc.) H. Mochamad Ridwan Kamil, ST., MUD., melaporkan tiga strategi penanganan covid-19 di Jabar, yaitu pencegahan, pelacakan, dan perawatan. Pencegahan dilakukan melalui PSBB, jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan.

“Pencegahan ini merupakan satu-satunya modal kita,” ujar Gubernur. Ia berharap modal sosial ini terus diperkuat dengan ketaatan warga kepada para pemimpin dan ulama. Sebab kalau melihat jumlah anggaran yang tersedia, dibandingkan dengan Korea Selatan yang jumlah penduduknya hampir sama dengan Jabar, sangatlah timpang.

“Saya mengajak semua warga Jabar untuk ikut bela negara dalam bentuk apa saja yang dipunyai dalam upaya mengatasi covid-19 ini,” sambung Gubernur.

Sementara Kapolda Jabar Irjen. Pol. Rudy Sufahriadi menyatakan bahwa NU adalah pelopor, pengegerak dan pemersatu dalam mendirikan bangsa Indonesia. Warga NU  diharapkan dapat menyiapkan diri dan lingkungan, menyongsong tatanan normal baru dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Istighotsah ini merupakan bagian dari ikhtiar memohon kepada Allah agar pandemi covid 19 segera berakhir. Doa ini merupakan pelengkap dari kewajiban ikhtiar kita, dengan bahu membahu bersama segenap komponen bangsa, untuk menangani covid 19,” papar Kapolda dalam sambutannya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto juga menyambut baik kegiatan istighotsah dan halal bihalal ini. “Kegiatan ini merupakan dukungan warga NU kepada pemerintah Provinsi Jabar beserta seluruh tenaga medis yang berjuang di garis depan dalam mengatasi covid-19,” ujar Pangdam III/Siliwangi.

Melalui dukungan aktif semacam ini, menurutnya, masyarakat Jabar akan kembali beraktivitas secara normal. Dengan keberhasilan menekan kegiatan di luar rumah selama ini, terjadi penurunan kasus baru covid -19, penurunan jumlah pasien aktif, tingkat kesembuhan dua kali lebih banyak, dan menekan kecepatan penyebaran virus.

Sebagaimana diketahui, Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jabar, telah ditetapkan sebagai gugus tugas terbaik secara nasional. Prestasi ini harus dijaga dan terus ditingkatkan dengan ikhtiar maksimal dari para pemimpin, doa terbaik dari para ulama, dan kedermawanan orang-orang berpunya.

(Tim Media PWNU Jabar)

Komentari