PERGUNU, UPI, Karya Tulis Ilmiah, PCNU Kabupaten Bandung, PWNU Jabar, Jawa barat
Pelatihan Karya Tulis Ilmiah kerjasama PERGUNU dan UPI di Kabupaten Bandung.

Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Bandung bekerjasama dengan Departemen Sejarah Fakultas Pendidikan IPS Univetsitas Pendidikan Indonesi menyelenggarakan workshop “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Pengembangan Media Pembelajaran” bagi guru-guru NU di di Aula MTs YPP Darul Hikam, Pengalengan, Banjaran, Kabupaten Bandung. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari sabtu dan ahad, 14-15 Oktober 2017.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh 120 orang guru perwakilan dari 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung. Turut hadir dalam kegitan tersebut, Sekretaris Pergunu Jawa Barat H Saepuloh, M.Pd, Dekan Fakultas Pendidikan IPS Dr Agus Mulyana, M.Hum dan Ketua Departemen Sejarah Dr. Murdiyah Winarti, M. Hum.

Dalam sambutannya Kepala MTs YPP Darul Hikam KH Deden H Muzhofar menyambut dengan baik dan sangat antusias.

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana bagi guru-guru untuk terus membaca dan belajar. Agar para guru senantiasa kreatif dan inovatif dalam pengembangan media pembelajaran,” ujar Kiai Deden.

Sementara itu Sekretaris Pergunu Jawa Barat H Saepuloh, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujun untuk meninngkatkan kemampuan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah dalam hal ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karya tulis ilmiah ini merupakan salah satu kompenen kewajiban guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang sangat sulit untuk dikerjakan oleh guru.

“Kegiatan ini harus ada tindak lanjutnya, dengan pedampingan pembutan PTK bagi peserta oleh team narasumber secara online,” tutur Saepuloh

Dekan Fakultas Pendidikan IPS UPI Dr Agus Mulyana, M.Hum menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program pengabdian Departemen Sejarah FPIPS UPI yang dilaksanakan bekerjasama dengan Pergunu.

Pada umumnya guru-guru sekolah/madrasah yang tergabung dalam Pergunu jarang tersentuh pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh dinas terkait,” papar Agus. “Kegiatan workshop ini melibatkan sejumlah narasumber yang sudah terbiasa melatih guru,” lanjutnya.

(PW PERGUNU)

Komentari