GP Ansor Kabupaten Bogor, Banser, Bela Negara, PWNU Jabar, Jawa Barat
Ribuan santri di Kabupaten Bogor mengikuti Pelatihan Bela Negara.

Setelah melaksanakan pelatihan bela negara selama 2 hari, Ketua GP Ansor PC Kabupaten Bogor, Abdullah Nawawi mendampingi Danrem 061/SuryaKencana menutup Diklat Bela Negara bagi kader GP Ansor, Banser, Fatayat, Fatser, IPNU, CBP, IPPNU dan KPP Lingkup Kabupaten Bogor, Rabu (18/7) di Lapangan Upacara Pondok Pesantren Riyadhul Aliyah, Cisempur Kecamatan Caringin.

Diklat yang diikuti oleh ribuan kader penggerak NU juga santri dari Pondok Pesantren Al-Minhaj dan Riyadhul Aliyah ini resmi ditutup oleh Letkol CZI Dwi Bima Nurahmat.

Dalam pelatihan tersebut para peserta dibekali pelatihan sesuai dengan standar kompetensi yang diperlukan bagi masyarakat sipil untuk meningkatkan dan mengembangkan rasa cinta kepada tanah air.

GP Ansor Kabupaten Bogor, Banser, Bela Negara, PWNU Jabar, Jawa Barat
Ketua GP Ansor PC Kabupaten Bogor Abdullah Nawawi dan Menurut Komandan Banser Satkorcab Kabupaten Bogor, Muhammad Ruslan saat mendampingi Danrem 061/SuryaKencana Letkol CZI Dwi Bima Nurahmat.

Menurut Komandan Banser Satkorcab Kabupaten Bogor, Muhammad Ruslan, membela negara tidak hanya tugas TNI dan Polri tetapi juga seluruh komponen bangsa, termasuk masyarakat sipil.

“Masyarakat dalam hal ini Banser secara tidak langsung harus terlibat dalam upaya pertahanan negara. Sebagaimana diatur adalam UU No.3 tahun 2002 tentang pertahanan negara, telah mengamanatkan bahwa kesadaran membela negara sesuatu yang harus ditanamkan secara terus menerus dan berkelanjutan,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada peserta agar pelatihan bela negara yang telah dilakukan dapat diaplikasikan dalam menyingkapi berbagai persoalan, baik yang sedang maupun yang akan terjadi.

“Tugas yang kita emban dalam rangka bela negara tidaklah mudah, namun saya yakin dan percaya dengan bekal yang telah sahabat dapatkan selama mengikuti pelatihan semuanya akan terlaksana sesuai harapan kita,” pungkasnya.

Beberapa materi yang sajikan oleh para narasumber antara lain pengetahuan dasar intelejen, kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Materi dan praktek pelatihan baris berbaris, tata upacara militer dan sipil serta pelatihan kesehatan mental.

Kegiatan Bela negara ini akan rutin dilakukan oleh Korem 061/Suryakencana setiap tiga bulan sekali. Dan nantinya akan tetap diadakan di teritorial Korem 061/Suryakencanabekerjasama dengan GP Ansor dan Banser Satkorcab Kabupaten Bogor.

(Azizian/Zunus/NU Online)

 

Komentari